Pengamat: Jika Erick Thohir Jadi Wapres, Sepakbola Indonesia Semakin Maju

WhatsApp Image 2023 10 19 at 19.59.08 170d7fb1


Pendiri Football Institute, Budi Setiawan, mengakui perkembangan sepakbola Indonesia sejak Erick Thohir menjabat sebagai Ketua Umum PSSI melalui Kongres Luar Biasa (KLB) pada Februari 2023 lalu. Budi menyebut Erick adalah `right man on the right place at the right time`.

Bacaan Lainnya

Menurut Budi, banyak perubahan dan terobosan yang dilakukan Erick dalam waktu yang cukup singkat. “Erick merubah paradigma sepakbola indonesia melalui pengelolaan organisasi yang mulai transparan, mau mendengar masukan, mulai menunjukkan komitmen membenahi perwasitan dan mengatasi match-fixing,” kata Budi saat dihubungi, Rabu (18/10/2023).

Kemudian, Erick juga memberikan mampu memberikan motivasi yang kuat kepada para pemain Timnas Indonesia, sehingga tim Merah Putih tak hanya berfokus pada bonus tapi juga pada prestasi. Hal itu menurutnya menjadi salah satu faktor yang membuat Timnas Indonesia sukses menjuarai SEA Games 2023.

“Saya pernah mengatakan bahwa Erick Thohir ini adalah ‘right man on the right place at the right time’. Paradigma lain di tim nasional, pemain bukan lagi bermain untuk bonus, tapi untuk merah-putih. Setelah 32 tahun, akhirnya Indonesia bisa raih emas di SEA Games,” ujarnya

Saat ini, Erick tengah digadang-gadang sebagai cawapres terkuat untuk mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 nanti. Budi menilai, jika Erick benar-benar terpilih sebagai wapres untuk masa kepemimpinan 2024-2029, maka kemajuan sepakbola Indonesia secara khusus akan jauh lebih pesat lagi.

“Jika memang benar Erick Thohir menjadi cawapresnya Prabowo, menurut saya ini adalah kabar gembira bagi olahraga sepakbola khususnya dan cabor lain pada umumnya. Keduanya memiliki perhatian terhadap kemajuan olahraga, khususnya Erick di basket dan sepakbola,” kata dia.


Budi menerangkan, ketika Erick menjabat sebagai Ketum PSSI yang sekaligus sebagai Menteri BUMN saja bisa mendorong percepatan pembangunan sepakbola Indonesia, dan jika nanti terpilih sebagai Wakil Presiden RI, maka menurutnya sepakbola akan mendapatkan perhatian khusus dengan kewenangannya.

“Sebagaimana kita tahu sepakbola nasional ini tidak bisa jalan maksimal jika tidak berjalan beriringan dengan pemerintah harus seiring sejalan. Sebagai ketua umum PSSI yang juga Menteri BUMN, kita melihat dan merasakan bahwa sepakbola sekarang melaju dengan sangat cepat,” ujarnya.

“Pembangunan atau renovasi stadion dianggarkan dan akan segera berjalan. Lapangan untuk TC timnas di Ibu Kota Nusantara juga terwujud. Banyak hal dapat direalisasikan. Itu baru jadi menteri, bagaimana jadi wapres? Tentunya akan semakin memberikan angin segar bagi sepakbola dan cabang olahraga lainnya karena presiden dan wakil presidennya kelak memiliki keberpihakan dalam sektor olahraga,” Budi menambahkan.





Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *