Alasan di Balik Naturalisasi Jay Idzes: STY Butuh

FI JAY IDZES


Jay Idzes, pemain keturunan asal Belanda yang bermain untuk Venezia di Serie B, bertemu dengan Erick Thohir di Jakarta pada Rabu (6/9/2023) untuk membahas proses naturalisasi.

Sebelumnya, sudah cukup ramai diberitakan bahwa pemain berusia 23 tahun tersebut memang menjadi target naturalisasi selanjutnya. Jay mempunyai darah Indonesia dari kakek dan neneknya.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga mengatakan bahwa tujuan dinaturalisasinya Jay adalah memperkuat timnas dengan pemain-pemain yang berkelas.

“Kan sejak awal Pak Erick itu mau menaturalisasi tapi kalau memang bener-bener berkelas. Jadi ini sekarang langkah pertamanya ada Jay Idzes. Ini kan dia pernah main di Eredivisie Belanda, dan sekarang di Venezia Italia, jadi cukup bagus dan masih muda. Jadi itu yang kita lakukan, memperkuat timnas kita,” terang Arya (6/9) kepada redaksi Pandit Football melalui sambungan telepon.

Arya menjelaskan kedatangan Jay adalah untuk mengurus surat perpindahan warga negara ke Kedutaan Besar Belanda dan cek kesehatan. Namun demikian, Arya belum bisa memastikan apakah Jay bisa memperkuat timnas di Piala Asia atau tidak.

“Mudah-mudahan kita bisa kerjakan semuanya. Kita nggak bisa (memproses) administrasi kalau dia nggak datang secara fisik. Cek kesehatan harus di sini, bukan di negara asalnya,” terang pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Ad Hoc Suporter itu.

Arya pun menerangkan bahwa proses naturalisasi ini dijalankan karena Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas sudah memberi restu dan dia menganggap Jay memang sudah masuk ke skema STY.

“Pelatih yang tetap akan kita tanya. Nggak boleh dong kalau kita ajukan tapi pelatih nggak butuh. Harus ada kebutuhan juga. Beberapa bulan lalu Shin Tae-yong ke Eropa untuk melihat pemain-pemain itu,” kata Arya.


Arya tidak menampik kemungkinan masih ada pemain lain yang bakal dinaturalisasi. Ia juga tidak spesifik sampai kapan akan melakukan proses naturalisasi mengingat kontrak Shin akan berakhir pada Juni 2024.

“STY kan bulan enam, masih lama kan. Kita belum tahu (diperpanjang atau tidak). Sekarang masih bulan 9 (September 2023), masih lama. STY sudah diperpanjang, harusnya kan bulan 12 (Desember 2023).

Jay akan menjadi pemain pertama yang proses naturalisasinya ditangani di era Erick Thohir. Sebelumnya, proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick memang selesai di masa Erick Thohir, namun gagasan untuk menaturalisasi dua pemain tersebut sudah dimulai sejak Iwan Bule masih menjabat sebagai Ketua Umum PSSI.

Sejauh ini, timnas Indonesia sudah mengandalkan beberapa pemain naturalisasi, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, dan Marc Klok. Pada Januari mendatang, Indonesia akan berlaga di Piala Asia 2023. Menarik menunggu racikan Shin yang mengombinasikan pemain naturalisasi dengan pemain lokal.

Lalu, apa target dari PSSI untuk Piala Asia nanti?

“Tunggu saja. Yang pasti sudah ada pembicaraan antara Pak Erick dengan STY,” terang Arya.





Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *